Ceramah adalah kegiatan menyampaikan pengetahuan dihadapan banyak audiens. Kegiatan ini memberikan pengamalan belajar bagi santri dalam ranah berbicara. Tidak sedikit di antara mereka yang asalnya gugup, namun ketika tampil ke depan menjadi percaya diri.

Ceramah merupakan materi yang wajib dipelajari bagi santri Markaz Tahfizh Al-Bassam, jenjang kelas 11. Materi ini masuk dalam kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia. Pada pelaksanaannya mereka antusias dan berpenampilan menyerupai seorang ustaz.

Ust. Ikhsan Abdul Aziz, S.Pd. sebagai guru pengampu mengatakan bahwa, apa yang menjadi tugas santri ini sejalan dengan misi Pesantren Tahfizh Al-Bassam poin ke 7 yang berbunyi “Membangkitkan semangat dakwah untuk memperbaiki kondisi umat Islam”.

Beliau juga berharap capaian belajar yang telah dikuasai santri ini bisa menjadi bekal untuk dunia dakwah sebenarnya dalam lingkungan masyarakat. Semoga mereka (para santri Al-Bassam) menjadi orang-orang yang peduli terhadap umat dan bermanfaat bagi sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Buka Percakapan..
Izin Bertanya
Scan the code
Markaz Al-Bassam
Bismillah, Assalamualaikum Ustadz, izin Bertanya Terkait Al-Bassam